Tuesday, August 16, 2011

coklat manis menyegarkan

aaapaa yaaaa???

udah pada pernah minum teh kan? ha? belom? kamu idup di planet manaa?

kenapa aku milih teh, karena aku sedang bolos upacara bendera terakhir dan sedang menikmati teh yang maniis banget (kayak aku :P). sebenernya apa sih teh ituu? mau tau mau tau? mbah google lagi berbagi sama aku nih. liat yuuk

menurut tante wikipedia, teh adalah sebuah minuman berkafein yang cara bikinnya adalah dengan menyeduh daun, pucuk daun atau tangkai dari tanaman Camellia sinensis yang dikeringkan, dengan air panas. tapi aku menyimpulkan semua yang diseduh tu bisa disebut teh.

teh asli nih, teh yang dari daun teh tanpa ditambahi apapun tu dikelompokkan menjadi empat golongan yaitu: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.
trus teh lain yang nggak cuma dari daun teh doang juga banyak. misalnya: teh camomile, teh vanilla, milk tea, teh herbal (yang ini malah nggak mengandung daun teh sama sekali), teh peppermint, teh jahe, teh rooibos, lemon tea dll.

aku mau kasih tau kalian tentang fakta - fakta teh aja yaa.

fact 1: kalo abis makan mie ayam dipinggir jalan apalagi panas - panas gini pasti pesennya es jeruk nek nggak es teh (yaiyalah wong adanya e :P). tapi sobb, jangan minum teh abis makan yaa karena teh ternyata menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh sampe sekitar 80%. mau jadi apa tulang kita kalo tiap makan yang diserap cuma 20% doang?

fact 2: kalo kalian bukan seseorang yang suka makan sayur, minum teh ajaa, karena:
1. Kandungan vitamin B2 teh kira-kira 10 kali lipat sereal dan sayuran.
2. Vitamin C-nya lebih tinggi daripada buah apel, tomat dan jeruk
3. Antioksidan dalam dua cangkir teh setara dengan kandungan antioksidan dalam 7 gelas jus jeruk atau 20 gelas jus apel.
4. Terdapat Catechin yang bersifat multifungsi sebagai anti radang, antipenggandaan sel, antiagregasi, menurunkan kadar kolesterol LDL, dan melebarkan pembuluh darah melalu pembentukan nitrit oksida.

fact 3: minum teh yang wajar tu maximal 5 cangkir sehari, nggak boleh lebih dari itu karena kalo lebih dari 750 mg akan menyebabkan gangguan dalam proses regenerasi sel.

fact 4: Jangan minum teh pada saat perut mu kosong, terutama teh fermentasi. sebab kafein akan merangsang produksi asam lambung sehingga membuat perut mu sakit. Jadi, usahakan isi dahulu perut kalian dengan makanan atau buah-buahan sebelum meminumnya. tapi bukan makan besar hlo yaaa, camilan aja.

fact 5:Sebaiknya jangan menggabungkan sayuran yang banyak mengandung mineral dengan meminum teh.

fact 6: Jangan minum teh dicampur gula karena akan menetralisir zat-zat berkasiat yang terkandung di dalam teh. waa, padahal teh kalo nggak pake gula kan nggak enak ya sobb?

fact 7: Untuk wanita hamil dan sedang menyusui, sebaiknya menghindari minum teh, karena kafein dan zat stimulan yang lain bisa merangsang kontraksi rahim dan mengganggu produksi kelenjar ASI. ntar adek bayinya kasian sobb, ganti air putih ajaaa

fact 8:Menambahkan lemon dalam cangkir teh, karena memberikan astringent effect atau pelindung bagi pencernaan kita, berkat asam sitrat yang terkandung dalam lemon akan mencegah timbulnya kerak didinding usus. lemon tea enak kok :P

fact 9: Tetapi, teh yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti camomile, peppermint, lemon blossom nggal mengandung kafein sama sekali. Teh ini dapat dipilih untuk dikonsumsi sehari-hari. tapi inget fact 3 :)

fact 10: Untuk green tea walaupun mengandung kafein, tetapi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. walaupun rasanya lebih pait dari teh coklat

fact 11: kamu - kamu yang pengen diet, sangat dianjurkan buat mengkonsumsi teh hijau, karena:

1. Meningkatkan metabolisme
2. Mengurangi penyerapan lemak dan membantu sirkulasi glukosa
3. Mengurangi napsu makan
4. Penyimpan kalori

tapi:
1. Teh hijau bukanlah obat ajaib jadi walaupun udah minum teh hijau bukan berarti teros jadi langsing. kalian tetep harus makan yang bener n olahraga yang teratur

2. Teh hijau tetap mengandung kafein

fact 12: Tidak ada bukti kuat bahwa minum teh dapat mencegah kanker pada orang pada umumnya; banyak faktor yang mempengaruhi risiko kanker. Namun, beberapa penelitian telah menghubungkan minum teh dengan resiko lebih rendah terkena kanker bagi sebagian orang. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kelompok-kelompok.

fact 13: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat membantu mengurangi faktor resiko penyakit jantung, termasuk berat badan, tekanan darah, dan penyerapan kolesterol. Namun, FDA menolak petisi yang diajukan oleh pembuat teh hijau yang ingin menaruh klaim kesehatan pada label produk itu, memutuskan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang kredibel untuk mendukung klaim tersebut.

fact 14: Teh hijau juga memiliki kandungan mangan. Zat ini diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kestabilan gula darah yang ada di dalam tubuh kita. Dengan teratur minum teh hijau, berarti kita telah membantu terpenuhinya kebutuhan akan mangan di dalam tubuh kita.

fact 15: teh menyejukkan kulit. Teh ini merupakan antiseptik alami untuk mengatasi gatal dan bengkak-bengkak. Taruh sejumput teh hijau pada kulit yang mengalami radang, terbakar sinar matahari, noda kehitaman maupun di kelopak mata, dan rasakan kesejukannya *efek angin*

fact 16:Menjaga daya ingat. Teh hijau ternyata bisa menjaga penurunan fungsi otak. kalo kamu minum dua gelas sehari terhindar dari masalah kognitif dibanding mereka yang jarang meminumnya. Teh ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas yang menyerang otak, penyebab penyakit Alzheimer dan Parkinson. bagus buat pelajar niiih biar cling - cling otaknya.

naaaah, segitu dulu yaa bagi - bagi infonya hari ini, have fun :D

No comments:

Post a Comment