Saturday, August 13, 2011

it's all about hair

menurut wikipedia rambut adalah: organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Struktur mirip rambut, yang disebut trikoma, juga ditemukan pada tumbuhan.

setau aku rambut itu ada dua jenis: berminyak sama nggak berminyak. seenggak - enggaknnya pasti ada yang condong kesana, nggak ada yang bener - bener normal

then, kalo rambut berminyak tuh ntar yang ada ketombean. kalo yang kering ntar rontok atau patah. sebenernya kalo kita memperlakukannya dengan baik dan benar, rambut jenis apapun nggak bakalan rempong kok. oke, aku bakal kasih tau apa - apa aja yang udah aku dapet dari "nasihat" mbah GOOGLE. check this out :P

RAMBUT BERMINYAK
seseorang dengan rambut yang berminyak biasanya mengeluh:
"iuh, rambutku kok lepek gini sih? barusan dikeramasin jugak"
"ah, poni ku jadi nggak on deeh."
"rambutku setiap tahun musimm salju :("
dll

sebenernya apa sih yang bikin rambut berlebihan minyak? Sebenarnya di dalam folikel (kantung) rambut terdapat akar dan juga kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum (minyak yang membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab dan berkilap). Tapi pada beberapa orang tertentu kadar minyaknya lebih tinggi atau berlebihan dibanding orang lain akibat sebum yang dihasilkan berlebih. akibat kelenjar sebaceous yang terlalu aktif sehingga membuat kadar minyak di rambut menjadi berlebihan. Beberapa hal diyakini bisa mempengaruhi keaktifan kelenjar ini dalam mengeluarkan sebum. misalnya:
  • perubahan hormon -> waktu kita lagi mens, atau menopause, atau bahkan lagi stress produksi hormon androgen bergejolak, ini yang merangsang kelenjar sebaceus untuk memproduksi minyak berlebih.
  • genetik -> kalo kamu punya rambut berminyak, hampir bisa dipastikan kalo orangtua ato sodaramu juga punya rambut berminyak.
  • lingkungan -> ini nih, yang paling bikin males. bulan - bulan ini cuaca panaaaas banget kalo siang. ini juga yang bikin rambut berminyak. udah panas, asap dimana - mana, keringetan. yaaah, ya udah ajaa, pengen cepet - cepet keramas deeh.
tapi santaaai, banyak cara alami buat mengatasi si rambut berminyak yang sering bikin kita ketombean ini kok. beberapa diantaranya adalah:
  • gunakan shampoo yang ringan (mild shampoo) ato shampoo bayi sekalian yang nggak ada conditionernya.
  • pakai conditioner dibagian ujung rambut, jangan di deket kulit kepala. kalo kamu mau pake shampoo bayi, dianjurkan untuk memakai contitoner dulu baru shampoo biar rambut terlindungi. karena shampoo bayi bikin rambut kering. atau kallo nggak suka dengan efek keringnya shampoo bayi, cari aja shampoo yang mengandung pepermint. ngefek banget buat bikin segar kulit kepala
  • jangan keramas pake air hangat yaa. karena selain bisa membuka pori - pori yang bikin rambut gampang rontok, air hangat bisa bikin kulit kepala tambah berminyak
  • Salah satu masalah dari rambut yang berminyak adalah ketombe. Perawatannya adalah dengan menggunakan minyak panas yang dibalurkan pada kulit kepala. Bisa menggunakan minyak kelapa atau jojoba. Setelah perawatan dengan minyak panas, cuci rambut sampai bersih.
  • kalo ada yang bilang, "banyak - banyak disisirin deh rambutnya biar minyaknya merata" itu nggak seenuhnya benar. karena gesekan sisir pada kulit kepala memicu produksi minyak berlebih.
  • jangan pake gel rambut, itu bikin rambut kita keliatan tambah lepek
  • kamu juga bisa menggunakan bahan tradisional dengan buah lemon, caranya alurkan jus lemon pada kulit kepala dan rambut untuk mengurangi minyak pada rambut dan kulit kepala.
  • abis keramas, bilas sekali rambut kamu dengan campuran air asam yang dibuat dari satu gelas air yang dicampur jus melon atau cuka
  • Kurangi makan makanan yang berminyak dan berlemak serta memperbanyak makanan yang mengandung zinc (seng), biar nggak ketombean.
  • dan yang paling gampang adalah, jaga barang - barang yang deket - deket kepala, kayak sisir, bantal, kerudung (kalo kamu pake kerudung), tetep bersih
RAMBUT KERING
rambut kering disebabkan karena asupan vitamin ke rambut yang kurang/tidak maksimal. kan rambut kecil banget tuh per satuannya, jadi nutrisi yang ngalir kesana dikit - dikit, nah kalo dari sumbernya aja kurang, ga bakal sampe ujung dong nutrisinya. nah bagian rambut yang nggak ternutrisi itu yang biasanya rontok atau patah. masalah yang timbul kalo kita punya rambut kering adalah:
"rambutku kusut amat sih, susah diaturnyaaa."
"rambutku rontok, aku nggak kena kanker kan yaa?"
"Jelek banget ujungnya nyabang - nyabang gini. nyebelin."

menangani rambut kering tu menurutku lebih enak daripada rambut berminyak hloo. karena kita nambah bukan mengurangi. hehehe. kita liat solusi yang aku temuin yuuk:
  • jangan terlalu kasar saat mengosok rambut dengan handuk saat abis keramas. itu bikin kutikula rambut rusah dan bikin tambah kusut.
  • sama kayak rambut berminyak, rambut kering juga nggak boleh dikeramas pake air hangat, jadi bilasan terakhir harus air dingin.
  • jangan kebanyakan hair styling atau pake hair dryer. sesuatu yang udah kering kalo kita panasin malah bakalan tambah parah keringnya.
  • jangan keramas tiap hari, itu bikin kelembaban rambut berkurang. dua hari sekali ajaaa
  • kalo rambut masih basah, dikeringin aja dulu baru disisir. nah sebagai ganti hair dryer, ada nih pengering yang safe. kipas angin. hehehe, kan adem tuh, bikin cepet kering pula.
  • sering - sering menggerai rambut. rambut juga butuh nafas soalnyaa. mengikat rambut tuh bikin rambut kita rapuh
  • pake conditioner dan serum yaa selain shampoo, biar nutrisinya nambah terus
  • jangan males ke salon buat ngerapihin bagian bawah rambut biar rambut yang bercabang kebuang dan nggak biikin bagian lain jadi cabang juga
  • banyakin konsumsi protein karena rambut terdiir dari sekitar 98% protein
  • klorin bikin rambut jadi kering, jadi pake topi renang yaa kalo lagi renang
  • kalo rambut kamu kering parah, cobain shampoo antiketombe deeh
  • mentimun mendorong pertumbuhan rambut baru, jadiiii kalo makan lalap jangan dibuang timunnyaa. seger hloo :D
yakyak segitu aja info dari aku hari ini. semoga bermanfaat yaa. buat rambut jenis apapun, makan sayur kayaknya solusi paling top. jangan males makan sayur guys :D

No comments:

Post a Comment